Hari pernikahan ialah hari spesial dan kerap ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karena hal tersebut begitu istimewa, maka berbagai macam persiapan dilakukan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari menyiapkan cincin, gaun pengantin, venue pernikahan, sampai dekorasinya. Hingga adanya papan karangan bunga pernikahan sebagai ucapan selamat kepada kedua mempelai atau pengantin.

46.Jenis Bunga Untuk Papan Karangan Bunga Pernikahan.pexels.com

Jenis Bunga untuk Papan Karangan Bunga Pernikahan

Meski kedengarannya sepele, dekorasi merupakan hal yang sangat penting. Karena, dengan adanya dekorasi, acara pernikahan Anda akan terasa lebih hidup. Biasanya dekorasi untuk venue pernikahan banyak terbuat dari berbagai macam jenis bunga. Berbagai bunga tersebut untuk dekorasi pelaminan, backdrop foto, juga hiasan-hiasan menggantung.

Bukan hanya digunakan sebagai dekorasi, berbagai jenis bunga tersebut digunakan untuk papan karangan bunga pernikahan dan buket bunga nikah. Buket bunga pernikahan tersebut membuat pengantin wanita akan terlihat lebih manis. Di Indonesia pun banyak memiliki variasi bunga. Namun, apa saja beberapa jenis bunga pernikahan? Inilah beberapa pembahasan mengenai jenis bunga yang khas dengan pernikahan.

Bunga Melati

Pada berbagai acara dalam pernikahan tradisional, bunga pernikahan yang sering digunakan ialah bunga melati. Bunga melati tidak hanya dijadikan hiasan pada pengantin wanita, tetapi digunakan sebagai keperluan ritual. Penggunaan bunga melati memiliki banyak makna.

Bunga ini melambangkan ketulusan, keanggunan, kesucian, dan kesederhanaan. Bukan hanya indah dipandang, bunga melati yang merupakan bunga nasional Indonesia ini memiliki wangi yang khas. Tidak heran, karena hal ini banyak orang yang menyukainya.

Mawar Merah dan Mawar Putih

Siapa yang tidak suka dengan bunga mawar? Bunga  ini identik dijadikan untuk bunga pernikahan, lho! Jika bunga melati mengisyaratkan kesederhanaan juga kesucian. Mawar merah melambangkan sebuah perasaan cinta menggebu-gebu antara dua orang yang berpasangan. Karena itu, seorang kekasih banyak yang  menghadiahkan mawar merah untuk kekasihnya.

Sementara itu, mawar putih bermakna yang juga mendalam. Mawar putih merupakan lambang kemurnian cinta. Dua jenis bunga ini kerap digunakan sebagai dekorasi, buket bunga pernikahan atau papan karangan bunga pernikahan .

Bunga Krisan

Bunga satu ini ialah jenis bunga yang begitu unik. Mahkota bunga tersebut mirip dengan bunga matahari. Warnanya pun sangat beragam hingga tampak cantik untuk dilihat mata. Awalnya bunga krisan tersebut ditemukan di Cina, jadi ada makna Feng Shui.

Bunga krisan ini dipercaya guna melambangkan  keceriaan dan optimisme serta dapat membawa kebahagiaan. Warga Tionghoa di Indonesia juga sering digunakan sebagai bunga pernikahan. Bunga ini disebut lambang pemersatu.

Bunga anggrek

Bunga anggrek melambangkan keistimewaan pada pasangan yang menikah. Meskipun harganya memang lebih mahal daripada bunga pernikahan yang lain, bunga anggrek banyak digunakan sebagai dekorasi, buket bunga, hingga papan karangan bunga pernikahan karena bentuknya yang mempesona dan unik juga warnanya yang beragam.

Bunga Kacapiring

Bunga ini terkenal dengan wanginya yang menenangkan. Bunga kacapiring mengisyaratkan kesucian dan kebahagiaan. Aromanya yang kuat juga menjadikannya begitu cocok sebagai buket pengantin.  Meskipun bunga ini ada sepanjang tahun, meskipun harganya lumayan mahal.

Bunga Kacapiring banyak ditemukan di daerah Asia Selatan, Afrika,  dan Australia. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi 2-10 meter juga mekar pada musim semi sampai pertengahan musim panas. Bunga kacapiring ini berbentuk bulat,juga umumnya berwarna kuning pucat atau putih berbentuk bergerombol. Tanaman ini pun memiliki daun yang berwarna hijau yang pekat dan mengkilap.

Itulah beberapa jenis bunga pernikahan untuk dekorasi, buket, bahkan papan karangan bunga pernikahan yang kerap ditemukan di Indonesia. Jika Anda berniat untuk memesan, Anda bisa mengunjungi Rosella Florist yang merupakan vendor pembuatan buket atau papan ucapan untuk berbagai acara.